Selasa, 06 Juni 2023

Maraknya Galon Palsu yang Hingga Saat Ini Masih Beredar

     

Di era teknologi yang semakin maju ini banyak kecurangan-kecurangan yang terjadi di saat ini.  Salah satunya yang akan aku bahas ini tentang galon palsu yang sudah banyak beredar dipasaran. Kejadian ini sudah terjadi sejak lama bahkan dari tahun 2016 dan sangat meresahkan masyarakat karena dampaknya yang akan terjadi akibat peredaran galon palsu ini sangatlah banyak. Permintaan air mineral yang melonjak merupakan salah satu faktor pengoplos dan juga para pengedar galon palsu. Peredaran galon palsu dan serta air isi ulang sangatlah buruk untuk kesehatan.



Gimana sih cara membedakan galon palsu dan galon asli ? 

 

Nah banyak orang yang selalu bertanya-tanya "gimana sih cara membedakan galon yang asli dan mana yang palsu?" Banyak yang bilang kalau membedakan galon palsu dan asli itu dengan cara menyamakan nomor produksi galon dengan nomor yang ada ditutup pada galonnya, hal itu tidak cukup valid untuk menganggap kalau galon itu benar asli atau tidak karena untuk membuka dan mengganti tutup galon itu sangatlah mudah sehingga air isinya pun bisa dipalsukan. Apalagi sekarang ini banyak sekali tutup galon air mineral yang tidak ada segel plastiknya jadi untuk memalsukan galon juga airnya semakin mudah untuk para si pemalsu galon ini. Bahkan para pengoplos ini ada yang mengisi airnya dengan air keran tanpa proses-proses yang seharusnya dilakukan, sangat meresahkan juga merugikan masyarakat karena keuntungan yang dia ambil sangatlah banyak juga dapat merugikan kesehatan si peminum air isi ulang dan galon palsu ini. 


Banyak kasus pemalsuan isi air galon  yang meresahkan ini sangatlah ramai sampai-sampai baca thread twitter Chef terkenal Devina Hermawan lagi bahas pemalsuan air mineral galon yang sangat mulus sekali membuka kemasan tutup galon sehingga isinya bisa diisi dengan air yang sumbernya tidak jelas.




Dari video tersebut sangat jelas reka adegannya sangatlah mudah membuka tutup galon dari kemasannya padahal dengan tangan yang sudah diborgol kemudian mengganti dengan tutup asli dari galon dari merk terkenal. Galon yang digunakan juga galon dengan merk yang sudah ada lama di Indonesia. Jadi Jadi khawatir bangetkan ngeliat video tersebut. Untuk itu kita harus lebih berhati-hati lagi saat ingin membeli air galon 


Berikut dibawah ini cara membedakan air galon palsu & galon asli : 


1. Galon asli ada nomor register tutup galon yang harus sesuai dengan nomor dibadan galon atau pada leher galon sedangkan yang palsu nome register tutup galon berbeda dengan yang ada di leher atau badan galo 


2. Galon asli ada QR kode di badan galon 


3. Air di galon asli bening tidak berbusa,tidak berbau dan juga rasa segar ketika meminumnya


4. Galon asli ada informasi kadaluarsa



Bahaya Isi Galon Palsu 


Untuk mengisi air galon yang sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) melewati beberapa tahapan yang diambil dari sumber mata air dengan sesuai ketentuan Undang-Undang yaitu tahapan penyaringan, tahapan desinfeksi, proses pembersihan kemasan, pengisian air dan penutupan kemasan. Jika salah satu tidak melewati tahapan tersebut berarti kondisi air mineral akan sangat berbahaya untuk dikonsumsi bahkan tidak layak untuk dikonsumsi. 


Kontaminasi Kuman dan Bakteri 


Air yang tidak diambil langsung dari sumber mata air dan juga tidak melewati tahap penyaringan juga tahap desinfeksi berarti tidak terjamin kebersihan air tersebut karena dapat dipastikan air tersebut pasti terkontaminasi kuman dan bakteri didalam air. 


Bahan Kimia Plastik Berbahaya 

Selain air yang terkontaminasi kuman dan bakteri penggunaan plastik yang tidak jelas dan tidak sesuai standar kesehatan akan mengganggu kesehatan karena partikel dari plastik-plastik tersebut akan tercampur dalam air dan sangat berbahaya jika terminum 


Menimbulkan Banyak Penyakit 

Biasanya timbulnya berbagai penyakit bisa dari kehigienisan airnya ataupun galon kosong yang didapat dari si pemalsu itu tidak jelas dari mananya (dioplos). Bisa dari tukang loak atau penampung botol bekas yang tidak terjamin kebersihannya. Nah karena kebersihannya tidak terjamin dan tidak ada proses sterilisasi bisa mengganggu kesehatan bahkan menjadi penyakit diantaranya diare, muntaber, tipes bahkan kanker serta penyakit berbahaya lainnya. Sangat tidak main-main penyakit yang disebabkan oleh galon beserta air mineral palsu sangatlah merugikan kesehatan untuk orang yang mengkonsumsinya.


Maraknya pemalsuan galon beserta air isi ulang palsu ini membuat masyarakat khawatir sekali. Bahkan yang dipalsukan ini merk yang sudah lama beredar dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Khususnya para ibu yang mempunyai anak dan juga lansia tentunya tidak akan memberi anak juga para orang tuanya meminum minuman yang tidak higienis dan juga membahayakan untuk kesehatan ? Untuk itu sangatlah penting kita teliti sebelum membeli galon air mineral agar tidak kita tidak salah memilih galon air mineral yang palsu.

Kesehatan sangatlah penting janganlah menganggap remeh galon palsu dan air isi ulang palsu karena dampak sebenarnya yang akan timbul untuk penyakit berat bukan sekarang tapi beberapa tahun mendatang. Jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah karena air tersebut belum tentu aman untuk dikonsumsi. Lebih baik membeli air mineral yang asli walaupun harga lebih mahal tapi terbukti aman dan dapat dikonsumsi. Teliti sebelum membeli dan belilah air mineral dari agen resminya atau toko yang sudah dikenal distributor dari agen aslinya itulah salah satu cara untuk menghindari galon palsu serta air isi ulang palsu yang sedang marak-maraknya hingga saat ini karena jika membeli di toko kelontong yang tidak jelas belinya dari agen aslinya langsung atau tidak dikhawatirkan galon yang mereka jual ada kemungkinan palsu dan tidak baik untuk dikonsumsi. 


Semoga saja para pengoplos juga mengedar galon palsu ini segera ditindak oleh pihak yang berwajib agar tidak ada lagi pengedar galon palsu juga air mineral palsu yang sangat meresahkan kesehatan masyarakat Indonesia. Para ibu yang mempunyai anak juga lansia jadi lebih tenang dan aman untuk mengkonsumsi air mineral yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar