Rabu, 29 Januari 2020

Sudah Siap Menghadapi Fase Tantrum Pada Anak ?

Ada yang pernah ngalamin saat di mall atau di tempat umum tiba-tiba si anak ngerengek minta apa yang dia minta ? Sebagai orang tua ada saatnya kita pasti kesal & malu dengan orang sekitar saat keadaan itu terjadi. Apasih tantrum itu ? Tantrum adalah ledakan emosi saat anak menginginkan sesuatu yang keinginannya tidak terlaksana.

Pic source : fot. fotolia.com

Nah sekarang Aca lagi fase-fasenya tantrum nih karena dia udah bisa jalan kemana-mana jadi kalau dipegang tangannya langsung ngambek nangis & kalau digendong berontak-berontak. Aku tipe orang tua kalau aku bilang "Tidak" ya gak bisa di rayu-rayu lagi dan berubah jadi "Ya". Sayang sama anak itu bukan berarti menuruti apa saja yang mereka mau. Semakin kita menuruti apa yang anak mau mereka pasti punya pandangan "ah ngambek dulu aja pasti dikasih sama ayah/ibu". Kalau saya sih menekankan ketegasan pada anak bukan kasar ya.

Bila si anak minta mainan lalu nangis = diturutin langsung diam.
Bila si anak minta ice cream lalu nangis sambil narik-narik ortunya = diturutin selesai perkara.
Bila si anak ngerengek minta permen lalu nangis guling-gulingan bahkan triak-triak = dikasih langsung diam.

Kalau perkaranya seperti itu yang menyebabkan si anak tantrum ya orang tuanya sendiri. Si anak jadi punya senjata untuk meminta sesuatu jadi harus gimana? Ya harus tegas bilang TIDAK dengan alasan yang dimengerti & nada bicara yang bisa membuat si anak nyaman dengan penjelasan ortunya & tidak ketakutan. Jangan berikan janji "nanti aja ya kalau kesini lagi baru beli" kalau kita bilang seperti itu yang akan terjadi saat kita ketempat yang sama si anak akan meminta lagi karena memori anak itu sangatlah bagus.
Mereka akan mengingat apa saja yang mereka dengar apalagi apa yang mereka inginkan. Itu yang aku terapkan pada Aka & Aca selama ini karena Aca masih 14 bulan lebih bila dia tantrum aku selalu gendong dan mengalihkan sesuatu yang lain.

Kadang apa yang kita fikirkan membuat anak senang bisa menjadi faktor manjain anak dikemudian hari. Memanjakan anak sangatlah didikan yang sangat tidak baik. Jadilah orang tua yang apa adanya karena hidup selalu berjalan kedepan. Akupun masih belajar untuk menjadi orang tua yang terbaik untuk anak-anakku. Semangat menjaga & membesarkan anak mom 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar