Senin, 05 Oktober 2020

Talkshow Inspiratif "Impactful Enganging Content From The Creators" di Wardah Beauty Fest 2020 #cantikmusiaphadapidunia


Hari Sabtu & Minggu tanggal 3-4 kemarin wardah menyelenggarakan perayaan 25 tahunnya dengan membuat "Wardah Beauty Fest" dengan tema #cantikmusiaphadapidunia. Acara tersebut sangat bagus karena menghadirkan bermacam-macam rangkaian acara yang keren-keren. Kali ini wardah menyajikan acara dengan tujuan wardah ingin selalu menginspirasi wanita Indonesia dan menemaniwanita Indonesia untuk berkarya, berprestasi dan siap menghadapi dunia. 

Rangkaian acara dari Wardah Beauty Fest terdiri dari talkshow inspiratif dengan pembicara yang sangat handal dibidangnya, launching produk wardah terbaru yaitu Hydra Rose, virtual bazzar yang banyak banget diskonnya & music performance dari artis-artis papan atas. Acara ini dimulai dari jam 11 siang sampai dengan jam 8 malam nonstop di siarkan di youtube wardah beauty, vidio.com, dan di website. 


Aku nonton talkshow inspiratif di day-1 yang diisi oleh Zaskia Sungkar (konten kreator, bicara tentang kontennya di youtube Sungkar Family), Azura Pongai (Country Strategic Partnership Manager, YouTube) & Suhay Salim (Beauty konten youtuber). Mereka bertiga berbicara tema yang sangat menarik dan sangat cocok untuk aku yang baru saja terjun di konten creator. Tema yang mereka bawakan "Impactful Enganging Content From The Creators". 

Sesi pertama Zaskia Sungkar, ia angkat bicara sebagai konten kreator yang dia baru terjuni. Kia baru saja terjun didunia vlogger ini dan ia membuat konten mengalir begitu saja. "Jadi yang mereka sajikan terlihat natural. Mengerjakan konten ini Kia dan Sungkar Family menyajikan video yang jadi diri mereka sendiri, berbeda dari syutting film yang harus berperan jadi orang lain. Kalai di youtube kita bisa berperan jadi diri sendiri & di youtube kita semua yang kontrol. Apapun yang kita bicarakan gak akan ada yang diganti. Jadi di youtube informasinya asli" ujar Kia. Di Sungkar Family tidak hanya ajang orang untuk mengenal mereka yapi menyajikan hal yang beda ada sesi dakwahnya. Disamping sharing mereka menyelipkan sesi dakwah untuk nambah pahala. Kia bilang biasanya untuk konten belajar ngaji dan dakwah itu biasanya viewersnya kecil tapi kalau kaloborasi dengan yang lain pasti banyak. Walaupun begitu The Sungkar Family tidak akan menghilangkan sesi dakwahnya karrna membawa manfaat besar untuk orang lain. 

Tantangan yang Kia dan keluarga rasakan untuk membuat konten itu saat mentok membuat mereka merasa terchallenge karena Kia & Shireen mempunyai keterbatasan jika ada sesuatu yang viral dan mereka mengikuti itu bukan mereka banget. Bila sudah mentok mereka diskusi untuk membicarakan konten dan Kia berkata "untungnya kalau aku dan Irwan udah buntu akhirnya di isi sama konten Shireen dan anak-anaknya". Yang penting menyajikan sesuatu yang orisinil tanpa dibuat-buat itu sangat asyik.


Sesi ke-2 Suhay Salim sebagai beauty vlogger yang sudah merambati lama permakea-upan dan skincare. Ia bercerita bila sudah mentok bikin konten akan melempar pertanyaan ke subcriber untuk ide untuk membuat konten. Suhay mengatakan "kalau aku murni membuat konten untuk dirinya sendiri & kalau konten tersebut bermanfaat ya alhamdulilah berguna untuk orang lain". Tantangan terbesarnya untuk bikin konten menurut Suhay memotivasikan diri sendiri karena ia semua serba sendiri jadi kalau gak ada konten baru ya channelnya gitu-gitu aja dan kalau giat bikin konten channel bakalan ada yang nonton. Jadi selain memotivasikan diri sendiri ia pun bikin kontennya bergantian kalau bosen sama konten makeup jadi dia bahas skincare dlu sampai kangen sama si makeup.


Nah sesi terakhir diisi oleh Azura Pongai si cantik ini sebagai Country Strategic Partnership Manager, YouTube. Nah kerjanya itu membantu konten kreator , mengoptimalkan strategi channel, dan cara mengembangkan karya para youtuber di youtube. Ia mengatakan kalau tahun ini sangat melonjak naik uploadan para vlogger.

Cara ampuh untuk menyediakan konten yang berfaedah tanpa hanya mengejar viewers & viral ia membagikan saran :
1. Highlight konten kreator usahakan bikin yang berkualitas. Para vlogger bisa melihat comunity guideline youtube apa yang boleh dan tidak boleh disiarkan diyoutube.
2. Sebelum posting tanyakan pada diri sendiri. Amankah video tersebut jika dikonsumsi oleh anak. Jadi melihat dampaknya terlebih dahulu.
3. Konten tidak hanya memikirkan tentang ads tapi harus dengan passionnya vlogger tersebut.

Nah tips dan saran dari Azura Pongai semoga dapat diterima oleh masyarakat yang ingin menjadi vlogger yang berkualitas dengan konten yang bermanfaat untuk dikonsumsi oleh publik.


Talkshownya sangat inspiratif banget ya. Aku sebagai penonton dan bagian dari Wardah Beauty Fest 2020 sangat excited banget dan di akhir acara juga dimeriahi oleh penyanyi Yura Yunita malamnya. Wah Wardah memang sangat menginspirasi dan mengaspirasi wanita di 25 tahun ini ya. Sukses terus untuk wardah ❤

6 komentar:

  1. Beneran seru mom, aku juga ikutan Wardah beauty fest kemarin, duh senang nya, acara nya full 2 hari, mantap

    BalasHapus
  2. Aku juga nonton talkshow ini mom. Acaranya beneran menarik ya

    BalasHapus
  3. Aku nonton yang prita ghozie seru banget say ,moga tiap tahun bisa ikutan lagi event wardah beauty fest

    BalasHapus
  4. Wah mantuuul nice sharing mak, aku juga nonton nih seruu banget yaaa.. yuk mampir ke blogku ❤️

    BalasHapus
  5. Aku juga nonton mom bagus acaranya inspiratif yaa mom

    BalasHapus